Beranda | Artikel
Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermuamalah - Bagian ke-2 - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Rabu, 7 Mei 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu’amalah (Bagian ke-2)

Pada pertemuan yang lalu telah dijelaskan tentang pentingnya akhlak mulia, dan telah dijelaskan pula pokok yang pertama dari pokok-pokok keberhasilan dalam bermu’amalah adalah hendaknya semua bentuk mu’amalah kita dengan manusia itu didasarkan kepada keikhlasan mengharap wajah Allah. Karena mengharapkan wajah manusia merupakan hal yang tidak mungkin kita capai. Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah mengatakan bahwa:

إرضاء الناس كلهم غاية لا تدرك

“Mendapatkan keridhaan manusia semuanya, tidak mungkin kita capai.”

Kalau kita menginginkan keridhaan satu orang, beberapa orang, atau suatu kelompok, maka belum tentu kelompok atau orang lain akan ridha kepada kita. Karena setiap manusia mempunyai kepentingan yang berbeda-beda. Maka dari itu, kita harus mengaharapkan ridha Allah Ta’ala, bukan ridha selainNya.

Di dalam hadits yang shahih, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ أَرْضَى النَّاسَ بِسَخَطِ اللهِ وَكَلَهُ اللهُ إِلَى النَّاسِ وَمَنْ أَسْخَطَ النَّاسَ بِرِضَا اللهِ كَفَاهُ اللهُ مُؤْنَةَ النَّاسِ

Apa faktor lain yang bisa menjadikan mu’amalah kita dengan manusia berhasil? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu’amalah (Bagian ke-2)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6324-pokok-pokok-keberhasilan-dalam-bermuamalah-bagian-ke-2-kitab-fiqhul-akhlaq-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/